Saran dari Survey

Survey Tracer Study 2016 masih terisi sepertiganya saja, namun dapat dilihat banyaknya saran positif yang masuk. Dari data yang masuk hingga 13 Februari 2016, pada pengisian kolom saran, terlihat bahwa alumni sangat perhatian dengan status terkini dari kurikulum dan mata kuliah ajar. Tercatat sebanyak 35 saran yang mengharapkan agar mata kuliah up-to-date dengan permintaan pasar. Beberapa alumni bahkan menambahkan agar ITD dapat menjalin kerja sama dengan institusi / perusahaan terkait dengan tujuan agar mahasiswa dapat real case dari perusahaan agar dikerjakan menjadi tugas akhir / proyek akhir mahasiswa.

Tidak hanya itu, perhatian terbesar kedua dari alumni adalah soft skill. Saran terkait soft skill tercatat sebanyak 33 kali dengan penjabaran yang berbeda pula mulai dari skill di bidang communication, leadership hingga ethics. Tidak sedikit saran ini diceritakan karena keterkaitan langsung antara alumni dengan kebutuhan atau situasi di dunia kerjanya.

Perhatian ketiga terbesar dapat dikatakan timbul berdasarkan apa yang dirasakan alumni sewaktu belajar di kampus DEL yaitu fasilitas akses internet. Kecepatan mengakses internet dirasa perlu untuk ditingkatkan. Peningkatan ini didasari dengan alasan untuk mencari video edukasi ataupun mencari bahan yang mengenalkan mahasiswa dengan teknologi baru di pasar seperti Cloud Computing, Continuous Integration, Internet of Things, Data Mining dan sebagainya. Dengan kecanggihan media sekarang seperti youtube yang mempunyai konten yang sangat luas dengan metode presentasi yang menarik, dipercaya bahwa materinya dapat dengan mudah diterima.

Terdapat banyak sekali saran positif lain yang tercatat seperti, keharusan bagi mahasiswa untuk mengambil ujian sertifikasi profesional, hands on pada network management tools, ikut kompetisi, sering mengadakan magang, project akhir yang topiknya disarankan dari alumni, kuliah tambahan seperti ENTERPRENEURSHIP demi menciptakan lapangan pekerjaan sekaligus menumbuhkan ide kreatif mahasiswa dalam mendirikan start-up, program sharing session alumni dan mahasiswa, peningkatan skill bahasa Inggris, dan lain lain. Bahkan beberapa saran tampaknya ‘nyeleneh’ seperti penambahan fasilitas fitness dan saran agar mahasiswa rajin berdoa.

Kesemuanya ini merupakan bentuk bahwa masih banyak alumni yang tetap memerhatikan situasi kampus ataupun almamaternya dan memberikan saran-saran positif agar ITD semakin maju. Semoga saran tersebut bisa dilakukan atau malah (lebih baik lagi) jika dapat difasilitasi oleh alumni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *